PENERAPAN E-BUSINESS PADA PT. SINAR MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY (SMART), Tbk
Abstrak
E-bisnis dapat diartikan sebagai pemanfaatan teknologi
jaringan dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait
untuk meningkatkan proses bisnisnya. Penerapan e-bisnis pada suatu unit usaha
dapat menimbulkan keuntungan atau kerugian. Pada satu sisi pemanfatan teknologi
informasi untuk bisnis memberikan keuntungan dalam hal peningkatan penjualan,
memperluas pemasaran dan promosi serta meningkatkan efisiensi, tetapi disisi
lain penerapan e-bisnis cenderung mengakibatkan kerugian karena biaya yang
dibutuhkan untuk mengoperasikan teknologi tersebut sangat tinggi sehingga pihak
manajemen harus mempertimbangkan cost dan benefit dari pemanfaatan tersebut.
Artikel ini mencoba untuk melakukan analisis terhadap penerapan e-bisnis PT.
Sinar Mas Argo Resources and Technology (SMART), Tbk. Perusahaan ini merupakan
perusahaan manufaktur yang telah menerapkan teknologi informasi (e-bisnis)
dalam kegiatan bisnis perusahaannya.
Hasil analisis terhadap penerapan e bisnis pada PT.
SMART, Tbk adalah bahwa penerapan tersebut memberi banyak keuntungan baik bagi
pihak luar maupun bagi perusahaan itu sendiri. Pihak luar dari kalangan
investor dapat memperoleh informasi tentang laporan keuangan dan pengumuman
deviden melalui item for investor. Bagi para konsumen, informasi mengenai
produk dapat diperoleh melalui item for consumer. Selain itu, para pencari
kerja juga dapat memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan
melalui item for job seeker. Hal tersebut diatas dapat memberikan keuntungan
kompetitif bagi perusahaan. Keuntungan yang dapat diraih tidak hanya sebatas
keuntungan finansial, tapi juga keuntungan nonfinansial. Namun sayangnya,
keuntungan financial yang tercermin dari laporan keuangan tidak dapat diketahui
secara pasti. Hal ini dikarenakan dalam laporan keuangan yang dapat diamati,
baik akun biaya maupun laba usaha kurang terperinci. Hal ini mengakibatkan
tidak diketahui secara pasti berapa besar rupiah yang digunakan sebagai biaya
promosi dan lain-lain serta keuntungan yang diperoleh dari usaha e-bisnis itu
sendiri.
1. Penerapan E-Bisnis Pada PT. SMART, Tbk
Kegiatan e-bisnis dapat dilakukan dalam beberapa
model, misalnya Business to Consumer (B2C), Business to Business (B2B),
Business to Government (B2G), dan Business to Education (B2E). Sistem e-bisnis
pada PT. SMART, Tbk yang akan dianalisis adalah e-bisnis model B2C. Dalam hal
ini, perusahaan berusaha memberi kemudahan bagi konsumen untuk mengakses atau
mengetahui tentang perusahaan yang dimaksud. Tidak hanya konsumen, namun juga
pihak-pihak lain dapat memanfaatkan sistem ini, seperti investor, bahkan para
pencari kerja.
Business to Consumer (B2C) is a transaction that occurs between
a company and a consumer, as opposed to a transaction between companies (called
B2B). The term may also describe a company that provides goods or services for
consumers. B2C menjembatani aktivitas antara organisasi-dalam hal ini PT.
SMART, Tbk- dengan para konsumen serta pihak yang berkepentingan lainnya. Salah
satu cara yang ditempuh perusahaan dalam menerapkan e-bisnis adalah dengan
memanfaatkan media jaringan dan komunikasi. PT. SMART, Tbk telah menyediakan
situs/website tentang perusahaannya di internet yang dapat diakses oleh siapa
saja, kapan saja dan di mana saja ( www.smart-tbk.com ). Penerapan situs ini
terkait dengan citra perusahaan dan merupakan salah satu cara yang dilakukan
perusahaan untuk lebih mengenalkan kepada 55 khalayak, baik produk maupun
perusahan itu sendiri (salah satu bentuk e-bisnis dalam hal promosi). Melalui
situs tersebut, banyak informasi yang dapat diperoleh oleh khalayak.
Berikut beberapa item yang
dapat dimanfaatkan :
A. Item for Investor.
Dalam item ini, tersedia informasi mengenai laporan tahunan, hasil kuartalan, harga internasional, perkebunan dan produksi, informasi kepada shareholders, serta pengumuman-pengumuman terbaru.
B.
Item for Costumers.
Item ini menyediakan ragam produk yang dapat dikonsumsi
oleh konsumen, berikut kelebihan-kelebihan dari produk tersebut. Sehingga para
konsumen dapat mengetahui keunggulan produk-produk tersebut.
C.
Item for Job Seekers.
Item ini memberikan informasi mengenai peluang-peluang
untuk dapat bergabung dengan perusahaan ini. termasuk juga kriteria yang
diperlukan untuk dapat bekerja di sana.
D.
Item Product Recipes.
Perusahaan juga memanjakan konsumennya dengan memberikan
beberapa resep masakan yang dapat dicoba oleh customer dengan menggunakan
produk perusahaan.
2. Analisis Penerapan E Bisnis PT. SMART, Tbk
Penjabaran mengenai analisis penerapan e-bisnis ini akan
dilakukan secara deskriptif-induktif. Penulis akan menganalisis mulai dari
bagian terkecil, kemudian men-generalisasi hasil analisis yang diperoleh.
Analisis diawali dari manfaat yang diperoleh dengan adanya situs atau website.
DAFTAR PUSTAKA
Artikel yang bagus, terimakasih sharingnya, silahkan kunjungi
BalasHapuswebsite kami
siap kak
HapusArtikel yang bagus, terimakasih sharingnya, silahkan kunjungi
BalasHapuswebsite kami